Wednesday, August 06, 2008

Bagian (3-)

Situ Pajalau =danau Toba Jabar
6 Juli- MElanjutkan wisata kita ke Situ Panjalu yang berada sebelum kota Ciawi Tasikmalaya, dengan jalanan sedikit menanjak ke pegunungan dengn udara sejuk cenderugn berhawa dingin dengan tiupan angin kencangnya.

melihat Situ Panjalu jadi teringat Januari lalu perjalanan dengan Kakang ke Medan apa pasal....ya dengan udara sejuk, danau dan pulau ditengah2 dengan nama Nusa Gede mengingatkan danau Toba, heeeeeeee...ya bisa jadi Tobanya Jawa Barat.

Untuk mencapai Nusa Gede sendiri kita menggunakan perahu dengan sewa per orang Rp. 5000,- muatan perahu tersebut bisa mencapai 15-20 orang, berhubung kita juga rombongan berjumlah 11 orang, akhirnya diputuskan sewa 1 perahu dengan nilai Rp. 80.000 (PP) untuk mencapai Nusa Dua memerlukan waktu kurleb 20 menit dengan daya dayugn 1 orang di bantu para penumpang(ini mah ala kadarnya dayungnya), akhirnay kita bergantian tuk nyoba dayung, Nusa Gede terdapat banyak pohon yg dihuni oleh kelelawar banyak sekali dan tidak mengenal waktu kapan dia ingin berkeliaran ya weeeeer seperti terlihat di gambar padahal waktu menunjukkan pukul 10.45 Wib.



'Ayo dayung terus Tess........"dan alhamdulillah tiba juga kita mendarat di Nusa Gede dengan Gerbang ditandai Singa 1 pasang dan menuju lokasi dalam pun kita harus menaiki anak tangga berjumlah 88 buah.




Nah kalo di tengah nya sendiri terdapat kuburan yang dipercayai sebagian orang tempat keramat dan dipakai wisata ziarah oleh warga NU, apalagi setelah Gus Dur mengunjungi tempat tersebut, banyak warga NU misal waktu kita disana ada yg datang dari Sidoarjo Jatim dan Banjarmasin Kalimantan.

Tidak hanya wisata Ziarah saja, namun Nusa Gede menyimpan hutan yg asri dan nyaman tempat hinggapnya berratus2 malah beribu2 kelelawar jumlahnya, dasar ngkota kali ya ada akar gantung yg bagus untuk dipakai ayunan, jadi naik lah Ayah seperti "leluhur" kita, heeeee.......terbukti Ayah mampu bergelantungan dan duduk di akar tersebut.


Tidak jauh dari Situ Pnjalu ada situs sejarah dengan nama "Bumi Alit" alias ruma hkecil ini pun tidak luput dari wisata ziarah yagn didalamnya terdapat pusaka2 , seperti namanya memang bangunan itu hanya kecil di bandnin dengan tempat bersejarah lainnya.













Situ Panjalu dan Bumi Alit sudah terjelajah, melanjutkan dengan perjalanan ke Gunung Galung ,dengan semangat 45 masih ok2 saja secara FEsti, Imam,Dhilan, Zedi, Vero, Sonny, Olav da nTesa belum menapakkan ke sana, jadi seru biru .........tapi wisata galunggugng gk cerita yak......kita besok cerita ke Kampung Naga dan Danau Dariza garut




No comments: